Tujuan Pembel PKn
1.Berpikir secara kritis,rasional, dan kreatif
dalam, menggapi isu kewarganegaraan
2.Berpartisipasi secara aktif dan bertanggun jawab ,bertindak secara
cerdas dalam kegiatan bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara
,serta anti korupsi
3.Berkembangan secara positifdan demokrastis
untuk membentuk diri berdasarkan
karakter-karakter masyarakat indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4.Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam
percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi.
Ruang lingkup Pembel PKn:
1.Persatuan dan kesatuan bangsa, meliputi:
hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan kebanggaan sebagai bangsa
Indonesia, partisipasi dalam pembelaan
negara, sikap positif terhadap negara
kesatuan Republik Indonesia keterbukaan
dan jaminanan keadilan.
2.Norma, hukum dan peraturan, meliputi: tertib
dalam kehidupan keluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku di
masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sistem hukum
peradilan nasional, hukum dan peradilan
internasional
3.Hak asasi manusia, meliputi: hak dan
kewajiban anak, hak dan kewajiban anggota
masyarakat, instrumen nasional
dan internasional HAM .
4.Kebutuhan warga negara meliputi: hidup
gotong-royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi,
kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri,
persamaan kedudukan warga negara.
5.Konstitusi
negara meliputi: prolamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama,
konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, hubungan dasar negara
dengan konstitusi.
6.Kekuasan dan politik, meliputi: pemerintahan
desa dan kecamatan, pemerintah daerah dan otonomi pemerintah pusat, demokrasi
dan sistem politik, budaya, politik, budaya demokrasi menuju masyarakat madani,
sistem pemerintahan, persamaan dalam masyrakat demokrasi.
7.Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila
sebagai dasar negara dan ideologi negara, proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, pengamalan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,
pancasila sebagai ideologi terbuka.
8.Globalisasi meliputi: globalisasi di
lingkungannya, politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, dampak
globalisasi, hubungan internasional dan organisasi internasional, dan
mengevaluasi globalisasi.
Tujuan Pembel BI:
1.Berkomunikasi secara efektif dan efesien
sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.Mengahargai dan bangga menggunakan Bahasa
Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3.Memahami Bahasa Indonesia dan menggunakannya
dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.Menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5.Menikmati dan memanfaatkan karya sastra
untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan
pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6.Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia
sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang Lingkup Pembel BI: Mendengarkan, Berbicara, Membaca, ‘n Menulis.
Tuj Pembel MTK:
1.Memahami konsep matematika, menjelaskan
keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara
luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah.
2.Menggunakan penalaran pada pola dan sifat,
melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti,
atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan
memahami masalah, merancang model, matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.Mengomunikasikan gagasan dengan simbol,
tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.Memiliki sikap menghargai kegunaan
matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan
minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam
pemecahan masalah.
Ruang Lingkup Pembel MTK: Bilangan, Geometri dan pengukuran, ‘n Pengolahan data.
Tuj Pembel IPA:
1.Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran
Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam
ciptaan-Nya.
2.Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman
konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari.
3.Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap
posittif, dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara
IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.Mengembangkan keterampilan proses untuk
menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.
5.Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta
dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan alam.
6.Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam
dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7.Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan
keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjukan pendidikan ke SMP/MTs.
Ruang lingkup Pembel IPA:
1.Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu
manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan.
2.Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaanya
meliputi: cair, padat, dan gas
3.Energi dan perubahannya meliputi: gaya,
bunyi,panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana.
4.Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi,
tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
Tuj Pembel IPS:
1.Mengenal konsep-konsep yang berkautan dengan
kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2.Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir
logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan
keterampilan dalam kehidupan sosial.
3.Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap
nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
4.Memiliki kemampuan berkomonikasi,
bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat majemuk, di tingkat lokal,
nasional, dan global.
Ruang lingkup Pembel IPS:
1.Manusia, Tempat,
dan Lingkungan. 2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan. 3. Sistem Sosial dan
Budaya. 4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
Tuj Pembel SBK:
1.Memahami konsep dan pentingnya seni budaya
dan keterampilan
2.Menampilkan sekap apresiasi terhadap seni
budaya dan keterampilan
3.Menampilkan kreativitas melalui seni budaya
dan keterampilan
4.Menampilkan peran serta dan seni budaya dan
keterampilan dalam tingkat local, regional, maupun global.
Ruang Lingkup Pembel SBK:
1.Seni rupa, mencakup pengetahuan,
keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung,
ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya.
2.Senu music, mencakup kemampuan untuk
menguasai olah vocal, memainkan alat music, apresiasi terhadap gerak tari.
3.Seni tari, mencakup keterampilan gerak
berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap
gerak tari.
4.Seni drama, mencakup keterampilan pementasan
dengan memadukan seni music, seni tari dan peran.
5.Keterampilan, mencakup segala aspek
kecakapan hidup (life skills) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan
social, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
Tuj Pembel OR:
1.Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri
dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup
sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
2.Meningkatkan pertumbuhan fisik dan
pengembangan psikis yang lebih baik.
3.Meningkatkan kemampuan dan keterampilan
gerak dasar.
4.Meletakkan landasan karakter moral yang kuat
melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani,
olahraga dan kesehatan.
5.Mengebangkan sifat sportif, jujur, disiplin,
bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
6.Mengembangkan keterampilan untuk menjaga
keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
7.Memahami konsep aktivitas jasmani dan
olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan
fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki
sikap yang positif.
Ruang Lingkup Pembel OR:
1.Permainan dan olahraga meliputi: olahraga
tradisional, permainan, eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor
dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket,
bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan bela diri, serta
aktivitas lainnya.
2.Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika
sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh, serta
aktivitas lainnya.
3.Aktivitas senam meliputi: ketangkasan
sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai,
serta aktivitas lainnya.
4.Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas,
senam pagi, SKJ, dan senam aerobic, serta aktivitas lainnya.
5.Aktivitas air meliputi: permainan di air,
keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang, serta aktivitas
lainnya.
6.Pendidikan luar kelas meliputi:
piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah, dan mendaki gunung.
7.Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup
sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan
tubuh agar tetap sehat , merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan
minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang
tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan
aspek tersendiri, dan secara implicit masuk ke dalam semua aspek.
Arah Pengembangan = Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Nama Sekolah : SDN Harapan Bunda I
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 6x35 menit (3x pertemuan)
Standar Kompetensi
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan,
pertumbuhan hewan, dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
1.2
Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari
biji menjadi tanaman).
Indikator
-
Menjelaskan
pengertian tumbuh pada hewan
-
Menjelaskan
pengertian tumbuh pada tumbuhan
-
Mengidentifikasi
cara hewan berkembang biak
-
Mempraktekkan
pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan
A.
Tujuan Pembelajaran
-
Siswa dapat
menjelaskan pengertian tumbuh pada hewan melalui gambar yang ditampilkan dengan
baik
-
Siswa dapat menjelaskan perubahan akibat pertumbuhan yang
terjadi pada hewan dengan baik dan benar
-
Siswa dapat
mengidentifikasi hewan yang berkembang biak dengan beranak melalui gambar yang
ditampilkan dengan baik dan benar
-
Siswa dapat
mengidentifikasi hewan yang berkembang biak dengan bertelur dengan baik dan
benar
-
Siswa dapat
menjelaskan pengertian tumbuh pada tumbuhan dengan benar
-
Siswa dapat
menjelaskan perubahan akibat pertumbuhan yang terjadi pada tumbuhan melalui
tugas yang telah diberi dengan benar
-
Siswa dapat
mempraktikkan pertumbuhan tumbuhan dengan baik
-
Siswa dapat
menyimpulkan hasil praktik pertumbuhan tumbuhan dengan baik
B. Karakter siswa yang diharapkan: Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), Toleransi (Tolerance), Percaya diri (Confidence), Keberanian (Bravery)
C.
Materi Ajar (Materi Pokok)
-
Pertumbuhan hewan
dan tanaman
-
Pertumbuhan biji menjadi
tanaman
-
Menceritakan
pertumbuhan tanaman
D. Strategi Pembelajaran
1.Pendekatan: Cooperatif.
2.Model Pembelajaran: Picture and
Picture, Talking Stick, Numbered Heads Together.
3.Metode Pembelajaran: Ceramah, Tanya jawab, Penugasan.
E. Langkah-langkah Pembelajaran
I. Kegiatan awal (10 menit/ pertemuan)
F Mempersiapkan psikis dan fisik.
F Mengajak semua siswa berdo’a sesuai dengan agama dan
kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Mengabsen kehadiran murid.
F Mempersiapkan materi ajar, model, dan alat peraga.
F Memperingatkan cara duduk yang baik.
Pertemuan Pertama
F
Mengajukan
pertanyaan (appersepsi).
-
Guru mengajak
anak-anak menyanyikan lagu “Kucingku Belang”
-
Guru menanyakan
binatang peliharaan yang ada di rumah masing-masing.
-
Guru menanyakan
bentuk-bentuk tubuh binatang piaraan mereka dari dilahirkan sampai besar.
F
Menjelaskan tujuan
atau kompetensi dasar.
F
Memberikan
motivasi dan menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan.
Pertemuan kedua
F
Mengajukan
pertanyaan (appersepsi).
-
Guru mengajak
anak-anak menyanyikan lagu “Pak Tani
Punya Kandang”
-
Guru
menanyakan hewan-hewan apa saja yang ada di sekeliling mereka
-
Guru
menanyakan bagaiman hewan itu mengalami pertumbuhan.
F Menjelaskan tujuan atau kompetensi dasar.
F
Memberikan
motivasi dan menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan.
Pertemuan Ketiga
F
Mengajukan
pertanyaan (appersepsi).
-
Guru mengajak
anak-anak menyanyikan lagu “Menanam Jagung”
-
Guru menanyakan
tumbuhan yang hidup di pekarangan/ sekitar rumah masing-masing.
-
Guru menanyakan
keberhasilan praktik siswa tentang pertumbuhan kacang hijau.
-
Guru menanyakan
bentuk-bentuk bagian tumbuhan dari bibit sampai tumbuh besar.
F
Menjelaskan tujuan
atau kompetensi dasar.
F
Memberikan
motivasi dan menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan.
II. Kegiatan inti (45 menit/ pertemuan)
Pertemuan Pertama
F Menyajikan materi sebagai pengantar
-
Guru menjelaskan
materi tentang pertumbuhan hewan
F Guru menunjukkan/ memperlihatkan gambar-gambar hewan yang berbeda ukuran/ bentuk tubuhnya.
F Guru menunjuk/ memanggil siswa secara bergantian memasang/ mengurutkan gambar-gambar hewan tersebut menjadi urutan yang logis. Misalnya pada pertumbuhan kucing, siswa mengurutkan gambar dimulai dari
anak kucing, kucing yang mulai besar, kemudian kucing dewasa.
F Guru menanyakan alasan/ dasar
pemikiran anak dalam mengurutkan gambar
tersebut.
F Dari alasan/ urutan gambar yang benar, guru menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
F Guru mengarahkan siswa untuk mengamati perbedaan dari setiap
gambar.
F Siswa bersama guru menyebutkan perubahan yang terjadi akibat
pertumbuhan hewan.
F Kesimpulan/ rangkuman
Pertemuan Kedua
F Guru menyiapkan sebuah tongkat .
F Guru menyampaikan materi tentang
cara hewan berkembang biak (bertelur dan beranak).
F Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
membaca dan mempelajari materi kemudian mengidentifikasi hewan yang berkembang
biak dengan bertelur dan hewan yang berkembang biak dengan beranak.
F Setelah selesai mempelajari materi/ buku pelajaran dan mengerjakan tugasnya, siswa
menutup bukunya.
F Guru meminta siswa membentuk
lingkaran besar. Guru mengambil tongkat dan
memberikan kepada siswa, sambil menyanyikan lagu, tongkat tersebut dijalankan
sampai guru menyuruh berhenti. Siswa yang memegang tongkat diberikan pertanyaan
dan diminta untuk menjawabnya. Demikian seterusnya
sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan
dari guru.
Pertemuan
Ketiga
F Guru membagi siswa dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap
kelompok mendapat nomor.
F Guru memberikan tugas mengurutkan fase-fase pertumbuhan
tanaman sesuai dengan pengamatan yang telah
mereka lakukan dan menyebutkan perubahan yang terjadi akibat pertumbuhan
tersebut. Masing-masing kelompok mengerjakannya.
F Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan
tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui
jawabannya.
F Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang
dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
F Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor
yang lain
III. Kegiatan akhir (15 menit/ pertemuan)
Pertemuan Pertama
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama
dengan peserta didik atau guru sendiri membuat rangkuman/ kesimpulan pelajaran.
F Melakukan
penilaian/ refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram.
F Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling/ memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Menyampaikan rencana berikutnya untuk mempelajari suatu
bahasan yang lain.
Pertemuan
Kedua
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama
dengan peserta didik atau guru sendiri membuat rangkuman/ kesimpulan pelajaran.
F Melakukan
penilaian/ refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram.
F Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling/ memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Menyampaikan rencana
berikutnya untuk mempelajari suatu bahasan yang lain.
F Memberikan tugas untuk membawa alat dan bahan yang
akan digunakan untuk melakukan percobaan tentang pertumbuhan tumbuhan (10 biji
kacang hijau, piring, dan kapas).
Pertemuan
Ketiga
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama
dengan peserta didik atau guru sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
F Melakukan
penilaian/refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram.
F Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling/memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai
dengan hasil belajar peserta didik.
F Menyampaikan rencana berikutnya untuk mempelajari suatu
bahasan yang lain.
F.
Media/ Alat/ Bahan/ Sumber Bahan
· Buku Sumber Belajar:
-
Buku Sekolah Elektronik Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II.
Pengarang: Sri Purwati. Penerbit: Depdiknas
-
Buku Sekolah Elektronik Sains Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II. Pengarang: Sularmi dan M.D Wijayanti. Penerbit:
Depdiknas
-
Buku-buku
Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II yang relevan
· Alat Peraga:
-
Gambar,
lembar pengamatan.
G.
Penilaian
a.
Prosedur Tes :
-
Penilaian
berkelanjutan
-
Tindak lanjut hasil
pengujian:
i. Remedial, bagi siswa yang belum mencapai batas ketuntasan
minimal.
ii. Pengayaan, siswa yang telah mencapai ketuntasan minimal,
penguatan dengan member tugas membaca, diskusi, mengerjakan soal namun tidak
mempengaruhi nilai hanya diungkapkan dalam keterangan profil hasil belajar.
iii. Percepatan, yakni bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan
maksimum
b.
Tehnik Tes : lisan, tertulis, dan perbuatan.
c.
Bentuk Tes : essay, pilihan ganda.
d.
Instrumen Tes :
Lisan
Pertemuan I
1.Apakah diantara kalian ada yang punya hewan peliharaan di rumah? Kalau ada,
apa saja?
2.Bagaimanakah bentuk tubuh hewan yang kalian pelihara/ yang pernah kalian lihat tersebut dari ia masih bayi sampai dewasa, apakah ada perubahan atau
tetap?
Pertemuan II
1.Hewan apa saja yang pernah kalian lihat?
2.Apakah kalian tahu bagaimana hewan-hewan yang pernah kalian itu tumbuh dan
berkembangbiak?
3.Dengan cara apakah hewan berkembang biak?
4.Sebutkan hewan apa saja yang berkembangbiak dengan cara bertelur!
5.Sebutkan hewan apa saja yang berkembangbiak dengan cara beranak!
Pertemuan III
1.Tumbuhan apa saja yang tumbuh di pekarangan rumah
kalian/ di sekitar rumah kalian?
2.Apa yang mula-mula tumbuh pada biji?
3.Bagaimana bentuk-bentuk
bagian tumbuhan dari bibit sampai tumbuh besar?
Tertulis
Pertemuan I
1.Hewan mengalami pertumbuhan jika dari hari ke hari tubuhnya akan ….
a. bertambah kecil b.
tetap c. bertambah
besar
2.Di atas kepala ayam ada ….
a. Jenggot b. jengger c. paruh
3.Gerakan anak kucing yang baru lahir ….
a. pelan b. cepat c. sangat cepat
4.Kambing yang baru dilahirkan tubuhnya ....
a. besar b.
kecil c.
gemuk
5.Urutan proses pertumbuhan pada katak setelah telur ialah ....
a. katak kecil b.
berudu c. katak dewasa
Pertemuan II
1.Sebutkan bagaimana hewan
berkembangbiak!
2.Sebutkan hewan yang berkembang biak dengan
bertelur!
3.Sebutkan hewan yang berkembang biak dengan beranak!
4.Jelaskan perkembangbiakan ayam!
5.Mengapa telur harus dierami induknya?
Pertemuan III
Pertanyaan
untuk tugas percobaan
1.Bagian apa yang pertama kali tumbuh?
2.Pada hari keberapa tumbuh akar?
3.Pada hari keberapa tumbuh daun?
4.Apakah tiap hari tumbuhan makin tinggi? Mengapa hal
itu terjadi?
1.Biji mengalami pertumbuhan jika berada di tempat ….
a. gersang b. kering c. basah
2.Saat biji ditanam, bagian yang pertama tumbuh adalah ….
a. akar b. batang c. daun
3.Setelah tumbuh akar, bagian yang tumbuh berikutnya adalah ….
a. batang dan ranting b.
bunga dan buah c. batang dan daun
4.Tanaman yang masih muda daunnya ....
a. keras b.
kaku c.
lunak
5.Bagian kacang kedelai yang ditanam adalah ....
a.
bunganya b.
bijinya c. daunnya
Perbuatan
Pertemuan I
Hubungkanlah titik-titik di bawah ini sehingga menjadi
kesatuan yang utuh
Pertemuan II
Tentukan cara perkembangbiakkan hewan berikut ini!
No.
|
Nama hewan
|
Bertelur
|
Beranak
|
1.
|
Bebek
|
ü
|
|
2.
|
Kucing
|
|
|
3.
|
Kambing
|
|
|
4.
|
Ayam
|
|
|
5.
|
Burung
|
|
|
6.
|
Kelinci
|
|
|
Di akhir kegiatan guru memberikan tugas:
1.
Setiap siswa
membawa: Sepuluh biji kacang hijau; Piring; Kapas; Air
secukupnya
2.
Cara kerja :
-
rendam biji
dalam air selama semalam
-
isilah
piring dengan kapas basah
-
lalu
letakkan biji di atas kapas
-
letakkan
piring di tempat teduh
-
siramlah
biji setiap hari selama enam hari
-
amati
perubahan yang terjadi
-
tulis
keadaan dan ukuran biji dari hari ke hari
Pertemuan ke III
Urutkan pertumbuhan
tumbuhan di bawah ini dari kecil hingga besar
Ayo urutkan dan beri nomor 1 – 4!
1.
Pertumbuhan kucing
(gambar)
Urutannya adalah . . . - . . . - . . . - . . .
2.
Pertumbuhan ayam
(gambar)
Urutannya adalah . . . - . . . - . . . - . . .
3.
Pertumbuhan tumbuhan berbiji
(gambar)
Urutannya adalah . . . - . . . - . . . - . . .
Amatilah perubahan
yang tampak pada masing-masing gambar
No
|
Gambar
|
Perubahan
|
1
|
Gambar
1
|
|
2
|
Gambar
2
|
|
3
|
Gambar
3
|
|
e.
Kunci Jawaban :
Lisan
Pertemuan I
1.
Tergantung
pengalaman siswa
2.
Setiap hari
semakin bertambah besar
Pertemuan II
1.
Tergantung
pengalaman siswa
2.
Tergantung
pengalaman siswa
3.
Bertelur dan beranak.
4.
Ayam, bebek, burung,
ikan dll
5.
Kucing, sapi,
kambing dll
Pertemuan
III
1.
Tergantung
pengalaman siswa
2.
Tunas
3.
Semakin
bertambah tinggi dan besar
Tertulis
Pertemuan I
1.
c 2. b 3. a 4.
b 5. a
Pertemuan II
1.
Bertelur dan
beranak
2.
Ayam, bebek, angsa,
burung, ikan dll.
3.
Kucing, anjing,
sapi, kambing, monyet dll.
4.
Telur – anak
ayam baru menetas – anak ayam – ayam dewasa
5.
Karena
dengan dierami oleh induknya, telur itu akan menetas sehingga menyebabkan
binatang itu berkembangbiak
Pertemuan III
Jawaban untuk percobaan berdasarkan pengamatan siswa
1.
c 2. a 3.
c 4.
c 5. b
Perbuatan
Pertemuan I
Tergantung keterampilan siswa
Pertemuan II
No.
|
Nama hewan
|
Bertelur
|
Beranak
|
1.
|
Bebek
|
ü
|
|
2.
|
Kucing
|
|
ü
|
3.
|
Kambing
|
|
ü
|
4.
|
Ayam
|
ü
|
|
5.
|
Burung
|
ü
|
|
6.
|
Kelinci
|
|
ü
|
Pertemuan
III
1.
3 – 1 -4 – 2
2.
2 – 3 – 4 –
1
3.
2 – 4 – 1 –
3
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah
pembelajaran
f.
Kriteria Penilaian dan Bobot Nilai
1. Produk (hasil diskusi)
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak
bekerjasama
*
aktif berpartisipasi
*
kadang-kadang aktif
* tidak
aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
dst
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN: Nilai =
(Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN Harapan Bunda I
( ………………..……...… )
NIP/ NIK: …………………
|
|
……...., 20…
Guru Tematik Kelas II
( …………..………...……… )
NIP/ NIK: …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar