"Selamat Datang di Blog Saya"

Senin, 18 Juni 2012


Tujuan Pembel PKn
1.Berpikir secara kritis,rasional, dan kreatif dalam, menggapi isu kewarganegaraan
2.Berpartisipasi secara aktif  dan bertanggun jawab ,bertindak secara cerdas  dalam kegiatan  bermasyarakat , berbangsa, dan bernegara ,serta anti korupsi
3.Berkembangan secara positifdan demokrastis untuk membentuk diri  berdasarkan karakter-karakter masyarakat indonesia agar dapat hidup  bersama dengan bangsa-bangsa lainnya
4.Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Ruang lingkup Pembel PKn:
1.Persatuan dan kesatuan bangsa, meliputi: hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, partisipasi  dalam pembelaan negara, sikap positif terhadap  negara kesatuan Republik Indonesia  keterbukaan dan jaminanan keadilan.
2.Norma, hukum dan peraturan, meliputi: tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku di masyarakat, peraturan-peraturan daerah, norma-norma dalam kehidupan  berbangsa dan bernegara, sistem hukum peradilan nasional, hukum dan peradilan  internasional
3.Hak asasi manusia, meliputi: hak dan kewajiban anak, hak dan kewajiban anggota  masyarakat, instrumen nasional  dan internasional HAM .
4.Kebutuhan warga negara meliputi: hidup gotong-royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri, persamaan kedudukan  warga negara.
5.Konstitusi  negara meliputi: prolamasi kemerdekaan dan konstitusi yang pertama, konstitusi-konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia, hubungan dasar negara dengan konstitusi.
6.Kekuasan dan politik, meliputi: pemerintahan desa dan kecamatan, pemerintah daerah dan otonomi pemerintah pusat, demokrasi dan sistem politik, budaya, politik, budaya demokrasi menuju masyarakat madani, sistem pemerintahan, persamaan dalam masyrakat demokrasi.
7.Pancasila meliputi: kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, proses perumusan Pancasila  sebagai dasar negara, pengamalan nilai-nilai Pancasila  dalam kehidupan sehari-hari, pancasila  sebagai ideologi terbuka.
8.Globalisasi meliputi: globalisasi di lingkungannya, politik luar negeri Indonesia di era globalisasi, dampak globalisasi, hubungan internasional dan organisasi internasional, dan mengevaluasi globalisasi.
Tujuan Pembel BI:
1.Berkomunikasi secara efektif dan efesien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
2.Mengahargai dan bangga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3.Memahami Bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
4.Menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5.Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6.Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Ruang Lingkup Pembel BI: Mendengarkan, Berbicara, Membaca, ‘n Menulis.
Tuj Pembel MTK:
1.Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah.
2.Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3.Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model, matematika, menyelesaikan model  dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.
Ruang Lingkup Pembel MTK: Bilangan, Geometri dan pengukuran, ‘n Pengolahan data.
Tuj Pembel IPA:
1.Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan, keindahan, dan keteraturan alam ciptaan-Nya.
2.Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.Mengembangkan rasa ingin tahu, sikap posittif, dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.Mengembangkan keterampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.
5.Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara, menjaga, dan melestarikan lingkungan alam.
6.Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
7.Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA sebagai dasar untuk melanjukan pendidikan ke SMP/MTs.
Ruang lingkup Pembel IPA:
1.Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan interaksinya dengan lingkungan, serta kesehatan.
2.Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaanya meliputi: cair, padat, dan gas
3.Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi,panas, magnet, listrik, cahaya dan pesawat sederhana.
4.Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya, dan benda-benda langit lainnya.
Tuj Pembel IPS:
1.Mengenal konsep-konsep yang berkautan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
2.Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri, memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial.
3.Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan.
4.Memiliki kemampuan berkomonikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
Ruang lingkup Pembel IPS:
1.Manusia, Tempat, dan Lingkungan. 2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan. 3. Sistem Sosial dan Budaya. 4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
Tuj Pembel SBK:
1.Memahami konsep dan pentingnya seni budaya dan keterampilan
2.Menampilkan sekap apresiasi terhadap seni budaya dan keterampilan
3.Menampilkan kreativitas melalui seni budaya dan keterampilan
4.Menampilkan peran serta dan seni budaya dan keterampilan dalam tingkat local, regional, maupun global.
Ruang Lingkup Pembel SBK:
1.Seni rupa, mencakup pengetahuan, keterampilan, dan nilai dalam menghasilkan karya seni berupa lukisan, patung, ukiran, cetak-mencetak, dan sebagainya.
2.Senu music, mencakup kemampuan untuk menguasai olah vocal, memainkan alat music, apresiasi terhadap gerak tari.
3.Seni tari, mencakup keterampilan gerak berdasarkan olah tubuh dengan dan tanpa rangsangan bunyi, apresiasi terhadap gerak tari.
4.Seni drama, mencakup keterampilan pementasan dengan memadukan seni music, seni tari dan peran.
5.Keterampilan, mencakup segala aspek kecakapan hidup (life skills) yang meliputi keterampilan personal, keterampilan social, keterampilan vokasional dan keterampilan akademik.
Tuj Pembel OR:
1.Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktivitas jasmani dan olahraga yang terpilih.
2.Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik.
3.Meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak dasar.
4.Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
5.Mengebangkan sifat sportif, jujur, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis.
6.Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain dan lingkungan.
7.Memahami konsep aktivitas jasmani dan olahraga di lingkungan yang bersih sebagai informasi untuk mencapai pertumbuhan fisik yang sempurna, pola hidup sehat dan kebugaran, terampil, serta memiliki sikap yang positif.
Ruang Lingkup Pembel OR:
1.Permainan dan olahraga meliputi: olahraga tradisional, permainan, eksplorasi gerak, keterampilan lokomotor non-lokomotor dan manipulatif, atletik, kasti, rounders, kippers, sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, dan bela diri, serta aktivitas lainnya.
2.Aktivitas pengembangan meliputi: mekanika sikap tubuh, komponen kebugaran jasmani, dan bentuk postur tubuh, serta aktivitas lainnya.
3.Aktivitas senam meliputi: ketangkasan sederhana, ketangkasan tanpa alat, ketangkasan dengan alat, dan senam lantai, serta aktivitas lainnya.
4.Aktivitas ritmik meliputi: gerak bebas, senam pagi, SKJ, dan senam aerobic, serta aktivitas lainnya.
5.Aktivitas air meliputi: permainan di air, keselamatan air, keterampilan bergerak di air, dan renang, serta aktivitas lainnya.
6.Pendidikan luar kelas meliputi: piknik/karyawisata, pengenalan lingkungan, berkemah, menjelajah,  dan mendaki gunung.
7.Kesehatan, meliputi penanaman budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari, khususnya yang terkait dengan perawatan tubuh agar tetap sehat , merawat lingkungan yang sehat, memilih makanan dan minuman yang sehat, mencegah dan merawat cidera, mengatur waktu istirahat yang tepat dan berperan aktif dalam kegiatan P3K dan UKS. Aspek kesehatan merupakan aspek tersendiri, dan secara implicit masuk ke dalam semua aspek.
Arah Pengembangan = Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah                 :   SDN Harapan Bunda I
Kelas/Semester                :   II / 1
Alokasi Waktu                :  6x35 menit (3x pertemuan)

Standar Kompetensi                           
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan, dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar
1.2  Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).

Indikator
-   Menjelaskan pengertian tumbuh pada hewan
-   Menjelaskan pengertian tumbuh pada tumbuhan
-   Mengidentifikasi cara hewan berkembang biak
-   Mempraktekkan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan

A.    Tujuan Pembelajaran
-   Siswa dapat menjelaskan pengertian tumbuh pada hewan melalui gambar yang ditampilkan dengan baik
-   Siswa dapat  menjelaskan perubahan akibat pertumbuhan yang terjadi pada hewan dengan baik dan benar
-   Siswa dapat mengidentifikasi hewan yang berkembang biak dengan beranak melalui gambar yang ditampilkan dengan baik dan benar
-   Siswa dapat mengidentifikasi hewan yang berkembang biak dengan bertelur dengan baik dan benar

-   Siswa dapat menjelaskan pengertian tumbuh pada tumbuhan dengan benar
-   Siswa dapat menjelaskan perubahan akibat pertumbuhan yang terjadi pada tumbuhan melalui tugas yang telah diberi dengan benar
-   Siswa dapat mempraktikkan pertumbuhan tumbuhan dengan baik
-   Siswa dapat menyimpulkan hasil praktik pertumbuhan tumbuhan dengan baik

B.     Karakter siswa yang diharapkan: Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), Toleransi (Tolerance), Percaya diri (Confidence), Keberanian (Bravery)

C.    Materi Ajar  (Materi Pokok)
-   Pertumbuhan hewan dan tanaman
-   Pertumbuhan biji menjadi tanaman
-   Menceritakan pertumbuhan tanaman

D.    Strategi Pembelajaran
1.Pendekatan: Cooperatif.
2.Model Pembelajaran: Picture and Picture, Talking Stick, Numbered Heads Together.
3.Metode Pembelajaran: Ceramah, Tanya jawab, Penugasan.

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
I. Kegiatan awal (10 menit/ pertemuan)
F Mempersiapkan psikis dan fisik.
F Mengajak semua siswa berdo’a sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Mengabsen kehadiran murid.
F Mempersiapkan materi ajar, model, dan alat peraga.
F Memperingatkan cara duduk yang baik.

Pertemuan Pertama
F Mengajukan pertanyaan (appersepsi).
-   Guru mengajak anak-anak menyanyikan lagu “Kucingku Belang”
-   Guru menanyakan binatang peliharaan yang ada di rumah masing-masing.
-   Guru menanyakan bentuk-bentuk tubuh binatang piaraan mereka dari dilahirkan sampai besar.
F Menjelaskan tujuan atau kompetensi dasar.
F Memberikan motivasi dan menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.

Pertemuan kedua
F Mengajukan pertanyaan (appersepsi).
-   Guru mengajak anak-anak menyanyikan lagu “Pak Tani Punya Kandang
-   Guru menanyakan hewan-hewan apa saja yang ada di sekeliling mereka
-   Guru menanyakan bagaiman hewan itu mengalami pertumbuhan.
F Menjelaskan tujuan atau kompetensi dasar.
F Memberikan motivasi dan menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.

Pertemuan Ketiga
F Mengajukan pertanyaan (appersepsi).
-   Guru mengajak anak-anak menyanyikan lagu “Menanam Jagung”
-   Guru menanyakan tumbuhan yang hidup di pekarangan/ sekitar rumah masing-masing.
-   Guru menanyakan keberhasilan praktik siswa tentang pertumbuhan kacang hijau.
-   Guru menanyakan bentuk-bentuk bagian tumbuhan dari bibit sampai tumbuh besar.
F Menjelaskan tujuan atau kompetensi dasar.
F Memberikan motivasi dan menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.

II.    Kegiatan inti (45 menit/ pertemuan)
Pertemuan Pertama
F Menyajikan materi sebagai pengantar
-   Guru menjelaskan materi tentang pertumbuhan hewan
F Guru menunjukkan/ memperlihatkan gambar-gambar  hewan yang berbeda ukuran/ bentuk tubuhnya.
F Guru menunjuk/ memanggil siswa secara bergantian memasang/ mengurutkan gambar-gambar hewan tersebut menjadi urutan yang logis. Misalnya pada pertumbuhan kucing, siswa mengurutkan gambar dimulai dari anak kucing, kucing yang mulai besar, kemudian kucing dewasa.
F Guru menanyakan alasan/ dasar pemikiran  anak dalam mengurutkan gambar tersebut.
F Dari alasan/ urutan gambar yang benar, guru menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
F Guru mengarahkan siswa untuk mengamati perbedaan dari setiap gambar.
F Siswa bersama guru menyebutkan perubahan yang terjadi akibat pertumbuhan hewan.
F Kesimpulan/ rangkuman

 Pertemuan Kedua
F Guru menyiapkan sebuah tongkat .
F Guru menyampaikan materi tentang cara hewan berkembang biak (bertelur dan beranak).
F  Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi kemudian mengidentifikasi hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan hewan yang berkembang biak dengan beranak.
F Setelah selesai mempelajari  materi/ buku pelajaran dan mengerjakan tugasnya, siswa menutup bukunya.
F Guru meminta siswa membentuk lingkaran besar. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, sambil menyanyikan lagu, tongkat tersebut dijalankan sampai guru menyuruh berhenti. Siswa yang memegang tongkat diberikan pertanyaan dan diminta untuk menjawabnya. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.

Pertemuan Ketiga
F Guru membagi siswa dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
F Guru memberikan tugas mengurutkan fase-fase pertumbuhan tanaman sesuai dengan pengamatan yang telah  mereka lakukan dan menyebutkan perubahan yang terjadi akibat pertumbuhan tersebut. Masing-masing kelompok mengerjakannya.
F Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya.
F Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.
F Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain

III.  Kegiatan akhir (15 menit/ pertemuan)
Pertemuan Pertama
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik atau guru sendiri membuat rangkuman/ kesimpulan  pelajaran.
F Melakukan penilaian/ refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
F Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling/ memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Menyampaikan rencana berikutnya untuk mempelajari suatu bahasan yang lain.

Pertemuan Kedua
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik atau guru sendiri membuat rangkuman/ kesimpulan  pelajaran.
F Melakukan penilaian/ refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
F Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling/ memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Menyampaikan rencana berikutnya untuk mempelajari suatu bahasan yang lain.
F Memberikan tugas untuk membawa alat dan bahan yang akan digunakan untuk melakukan percobaan tentang pertumbuhan tumbuhan (10 biji kacang hijau, piring, dan kapas).

Pertemuan Ketiga
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik atau guru sendiri membuat rangkuman/ simpulan  pelajaran.
F Melakukan penilaian/refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
F Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling/memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Menyampaikan rencana berikutnya untuk mempelajari suatu bahasan yang lain.

F.     Media/ Alat/ Bahan/ Sumber Bahan
·       Buku Sumber Belajar:
-   Buku Sekolah Elektronik Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II.  Pengarang: Sri Purwati. Penerbit: Depdiknas
-   Buku Sekolah Elektronik Sains Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II. Pengarang: Sularmi dan M.D Wijayanti. Penerbit: Depdiknas
-   Buku-buku Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II yang relevan
·       Alat Peraga:
-   Gambar, lembar pengamatan.

G.    Penilaian
a.     Prosedur Tes                               :
-   Penilaian berkelanjutan
-   Tindak lanjut hasil pengujian:
                     i.     Remedial, bagi siswa yang belum mencapai batas ketuntasan minimal.
                   ii.     Pengayaan, siswa yang telah mencapai ketuntasan minimal, penguatan dengan member tugas membaca, diskusi, mengerjakan soal namun tidak mempengaruhi nilai hanya diungkapkan dalam keterangan profil hasil belajar.
                  iii.     Percepatan, yakni bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan maksimum
b.    Tehnik Tes                   : lisan, tertulis, dan perbuatan.
c.     Bentuk Tes                  : essay, pilihan ganda.
d.    Instrumen Tes             :
Lisan
Pertemuan I
1.Apakah diantara kalian ada yang punya hewan peliharaan di rumah? Kalau ada, apa saja?
2.Bagaimanakah bentuk tubuh hewan yang kalian pelihara/ yang pernah kalian lihat tersebut dari ia masih bayi sampai dewasa, apakah ada perubahan atau tetap?
Pertemuan II
1.Hewan apa saja yang pernah kalian lihat?
2.Apakah kalian tahu bagaimana hewan-hewan yang pernah kalian itu tumbuh dan berkembangbiak?
3.Dengan cara apakah hewan berkembang biak?
4.Sebutkan hewan apa saja yang berkembangbiak dengan cara bertelur!
5.Sebutkan hewan apa saja yang berkembangbiak dengan cara beranak!
Pertemuan III
1.Tumbuhan apa saja yang tumbuh di pekarangan rumah kalian/ di sekitar rumah kalian?
2.Apa yang mula-mula tumbuh pada biji?
3.Bagaimana bentuk-bentuk bagian tumbuhan dari bibit sampai tumbuh besar?

Tertulis
Pertemuan I
1.Hewan mengalami pertumbuhan jika dari hari ke hari tubuhnya akan ….
a. bertambah kecil    b. tetap                     c. bertambah besar
2.Di atas kepala ayam ada ….
a. Jenggot                                  b. jengger                 c. paruh
3.Gerakan anak kucing yang baru lahir ….
a. pelan                                     b. cepat                    c. sangat cepat
4.Kambing yang baru dilahirkan tubuhnya ....
a. besar                                                    b. kecil                                     c. gemuk
5.Urutan proses pertumbuhan pada katak setelah telur ialah ....
a. katak kecil                            b. berudu                 c. katak dewasa

Pertemuan II
1.Sebutkan bagaimana hewan berkembangbiak!
2.Sebutkan hewan yang berkembang biak dengan bertelur!
3.Sebutkan hewan yang berkembang biak dengan beranak!
4.Jelaskan perkembangbiakan ayam!
5.Mengapa telur harus dierami induknya?

Pertemuan III
Pertanyaan untuk tugas percobaan
1.Bagian apa yang pertama kali tumbuh?
2.Pada hari keberapa tumbuh akar?
3.Pada hari keberapa tumbuh daun?
4.Apakah tiap hari tumbuhan makin tinggi? Mengapa hal itu terjadi?

1.Biji mengalami pertumbuhan jika berada di tempat ….
a. gersang                                                 b. kering                 c. basah
2.Saat biji ditanam, bagian yang pertama tumbuh adalah ….
a. akar                                      b. batang                 c. daun
3.Setelah tumbuh akar, bagian yang tumbuh berikutnya adalah ….
a. batang dan ranting                                 b. bunga dan buah   c. batang dan daun
4.Tanaman yang masih muda daunnya ....
a. keras                                                    b. kaku                                    c. lunak
5.Bagian kacang kedelai yang ditanam adalah ....
a. bunganya                                              b. bijinya                 c. daunnya

Perbuatan
Pertemuan I
Hubungkanlah titik-titik di bawah ini sehingga menjadi kesatuan yang utuh

Pertemuan II
Tentukan cara perkembangbiakkan hewan berikut ini!
No.
Nama hewan
Bertelur
Beranak
1.
Bebek
ü  

2.
Kucing


3.
Kambing


4.
Ayam


5.
Burung


6.
Kelinci



Di akhir kegiatan guru memberikan tugas:
1.   Setiap siswa membawa: Sepuluh biji kacang hijau; Piring; Kapas; Air secukupnya
2.   Cara kerja :
-   rendam biji dalam air selama semalam
-   isilah piring dengan kapas basah
-   lalu letakkan biji di atas kapas
-   letakkan piring di tempat teduh
-   siramlah biji setiap hari selama enam hari
-      amati perubahan yang terjadi
-      tulis keadaan dan ukuran biji dari hari ke hari

Pertemuan ke III
Urutkan pertumbuhan tumbuhan di bawah ini dari kecil hingga besar
Ayo urutkan dan beri nomor 1 – 4!
1.     Pertumbuhan kucing
(gambar)
Urutannya adalah . . . - . . . - . . . - . . .
2.     Pertumbuhan ayam
(gambar)
Urutannya adalah . . . - . . . - . . . - . . .
3.     Pertumbuhan  tumbuhan berbiji
(gambar)
Urutannya adalah . . . - . . . - . . . - . . .


Amatilah perubahan yang tampak pada masing-masing gambar
No
Gambar
Perubahan
1
Gambar 1

2
Gambar 2

3
Gambar 3



e.      Kunci Jawaban :
Lisan
Pertemuan I
1.    Tergantung pengalaman siswa
2.    Setiap hari semakin bertambah besar
Pertemuan II
1.    Tergantung pengalaman siswa
2.    Tergantung pengalaman siswa
3.    Bertelur dan beranak.
4.    Ayam, bebek, burung, ikan dll
5.    Kucing, sapi, kambing dll
Pertemuan III
1.    Tergantung pengalaman siswa
2.    Tunas
3.    Semakin bertambah tinggi dan besar

Tertulis
Pertemuan I
1.  c 2. b          3. a          4. b          5. a
Pertemuan II
1.    Bertelur dan beranak
2.    Ayam, bebek, angsa, burung, ikan dll.
3.    Kucing, anjing, sapi, kambing, monyet dll.
4.    Telur – anak ayam baru menetas – anak ayam – ayam dewasa
5.    Karena dengan dierami oleh induknya, telur itu akan menetas sehingga menyebabkan binatang itu berkembangbiak
Pertemuan III
Jawaban untuk percobaan berdasarkan pengamatan siswa
1.    c  2. a          3. c          4. c          5. b

Perbuatan
Pertemuan I
Tergantung keterampilan siswa
Pertemuan II
No.
Nama hewan
Bertelur
Beranak
1.
Bebek
ü  

2.
Kucing

ü  
3.
Kambing

ü  
4.
Ayam
ü  

5.
Burung
ü  

6.
Kelinci

ü  

Pertemuan III
1.    3 – 1 -4 – 2
2.    2 – 3 – 4 – 1
3.    2 – 4 – 1 – 3               
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
f.           Kriteria Penilaian dan Bobot Nilai
1. Produk (hasil diskusi)
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang  kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
dst










CATATAN: Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN Harapan Bunda I



( ………………..……...… )
NIP/ NIK: …………………

……....,  20…
Guru Tematik Kelas II



( …………..………...……… )
NIP/ NIK: …………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar