"Selamat Datang di Blog Saya"

Rabu, 26 Oktober 2011

SEMUA TENTANG KANKER PAYUDARA

KANKER PAYUDARA PADA WANITA _____ Rasa kekhawatiran yang sangat tinggi, membuat saya pada tahun 2007 melakukan Mammograph di Jepang. Mammography adalah suatu pemeriksaan sinar x pada bagian dada wanita [payudara], yang dapat menunjukkan kanker payudara sejak dini, di saat kanker payudara belum terlihat dan belum dirasakan untuk dapat diobati atau diberikan therapi. Mammography merupakan cara yang banyak dipercaya dapat mendeteksi kanker payudara sejak awal, akan tetapi seperti pemeriksaan lainnya pemeriksaan ini memang tidak sempurna. Sebagai contoh, beberapa kanker masih sangat sukar untuk dilihat dengan sinar x mammogram dan beberapa kanker meskipun sesungguhnya ada di tubuh pasien, tapi tidak bisa dilihat dengan sinar x sama sekali. Meskipun demikian adanya, Alhamdulillah sampai detik ini, saya merasa baik-baik saja.
Kelainan pada payudara pastilah merupakan kecemasan dan mimpi buruk bagi wanita. Kelainan pada payudara timbul dalam berbagai bentuk. Ada pula yang disebabkan karena faktor bawaan dan kelainan hormon. Menurut dr. Sonar Soni Panigoro, SpB.K-Onk dari Klinik Swadana Bedah Tumor RSCM Jakarta, secara garis besar kelainan-kelainan pada payudara wanita terbagi dalam 5 kelompok besar;
  • Infeksi Payudara > Infeksi ini terbagi dua, infeksi pada masa menyusui dan infeksi yang umumnya sering terjadi . Bisa akibat kuman atau virus dari luar yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya, payudara akan membengkak dan muncul keluhan rasa nyeri. Infeksi payudara lebih sering terjadi pada wanita yang sedang menyusui. Sebab Air Susu Ibu [ASI], merupakan media paling subur bagi pertumbuhan kuman-kuman penyakit. Jika ada hambatan dalam proses pengeluaran air susu, maka kuman jadi lebih mudah masuk. Bagi wanita yang sedang menyusui kerap mengeluh demam. Selain itu, payudara akan terasa sakit dan memerah. Kalau infeksi sudah parah, bisa pecah seperti bisul. Namun, bukan tidak mungkin infeksi juga dialami wanita yang tidak sedang menyusui. Ini diakibatkan oleh masuknya kuman pada lapisan kelenjar payudara.
  • Kelainan Bawaan > Payudara manusia sebenarnya seperti pada hewan. Manusia memiliki 6 pasang payudara. Posisi yang akan menjadi cikal bakal payudara dimulai dari pangkal ketiak hingga selangkangan. Pada saat kehamilan 10 minggu, ini akan hilang, kecuali di kiri-kanan dada. Pada beberapa orang, fase tersebut bisa saja terhambat. Ini dapat menyebabkan tumbuh payudara lebih dari sepasang. Oleh sebab itu, beberapa wanita memiliki payudara lebih dari sepasang. Bahkan, payudara tambahan ini kadang dilengkapi puting susu juga. Besar-kecilnya kelenjar payudara tambahan ini pun bervariasi. Lebih sering terjadi, adanya gumpalan kelenjar payudara pada salah satu sisi ketiak. Tapi, ada pula yang kelenjar payudaranya tidak terbentuk sama sekali, atau perkembangan kedua payudara tidak berjalan normal. Wanita dengan kelainan seperti ini tentu saja tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Dan dokter biasanya akan mengambil langkah operasi estetika. Benjolan yang tumbuh sebagai payudara tambahan ini kemungkinan bisa berkembang menjadi tumor.
  • Status Hormon > Kelainan hormonal cukup sering dikeluhkan wanita. Timbul nyeri dan pegal pada payudara. Keluhan sering terjadi menjelang atau ketika tiba masa menstruasi. Rasa sakit bervariasi, ada yang nyeri biasa, tapi ada juga yang merasa nyeri luar biasa. Payudara disiapkan tubuh untuk memproduksi air susu pada akhir masa kehamilan. Ketika menstruasi, kondisi payudara dipengaruhi oleh hormon kewanitaan. Ini yang membuat payudara terasa lebih padat dan kencang, dan sering juga dibarengi dengan munculnya benjolan. Namun bila muncul rasa sakit yang hebat, sebaiknya segera kunjungi dokter.
  • Neoplasma-Tumor > Tumor terbagi atas tumor jinak dan ganas. Pasien di Indonesia lebih banyak mendatangi dokter setelah tumor yang diidapnya memasuki stadium lanjut. Ini akan mengakibatkan pengobatan medis yang diberikan tidak maksimal.
  • Trauma pada Payudara > Trauma dapat terjadi karena adanya benturan keras pada payudara. Oleskan saja Minyak Zaitun. Berkurangnya kekencangan payudara merupakan momok bagi kaum wanita. Oleh sebab itu, payudara perlu dirawat, selayaknya kita merawat bagian tubuh lainnya.
Anda tentu sudah tahu bahwa kanker payudara merupakan salah satu penyakit paling mematikan di Indonesia. Jangan pernah merasa malu untuk memeriksakan diri ke dokter, jika Anda merasakan kelainan pada payudara Anda. Kebanyakan pasien lebih memilih pengobatan alternatif. Mereka mendatangi dokter setelah penyakitnya mencapai stadium lanjut.
Salah satu upaya mengetahui kelainan pada payudara adalah dengan melakukan SADARI [Periksa Payudara Sendiri]. SADARI dapat dilakukan 7-10 hari sesudah menstruasi hari terakhir. Untuk membantu proses ini, oleskan sedikit minyak zaitun atau busa sabun mandi di permukaan payudara. Ini akan memperlicin permukaan payudara. Selain itu tangan menjadi lebih sensitif meraba kemungkinan adanya benjolan di payudara.
Adapun langkah-langkah untuk melakukan SADARI adalah sebagai berikut :
  • Dalam posisi berbaring telentang, letakkan tangan kanan di bawah kepala. Letakkan sebuah bantal kecil di bawah punggung sebelah kanan.
  • Raba seluruh bagian payudara sebelah kanan dengan menggunakan tiga ujung jari tengah yang dirapatkan.
  • Lakukan gerakan memutar dan tekanan lembut tetapi mantap. Lakukan gerakan ini mulai dari bagian pinggir searah jarum jam.
  • Ulangi gerakan serupa pada payudara sebelah kiri. Rasakan dan perhatikan dengan seksama, apabila muncul benjolan yang mencurigakan.
  • Tekan pelan-pelan daerah di sekitar puting. Perhatikan, apakah puting mengeluarkan cairan yang tidak normal.
  • Dalam posisi berdiri dan lengan lurus ke bawah, teliti kedua payudara di depan cermin. Perhatikan, bila ada benjolan atau perubahan bentuk payudara.
  • Angkat kedua lengan lurus ke atas. Ulangi langkah di atas.
Rekonstruksi payudara yang dilakukan oleh wanita karena merasa tidak puas dengan bentuknya, tidak akan menjadi masalah sepanjang dilakukan dengan benar. Yakni dengan silikon dalam kantung yang ditanam pada kelenjar payudara, dan tentu saja harus dilakukan oleh dokter ahli bedah estetika. Ingat! Tindakan operasi payudara tidak boleh dilakukan sembarangan, seperti yang terjadi di salon-salon kecantikan. Penggunaan obat-obatan yang mengandung hormon juga tidak disarankan. Sebab hal itu dapat menyebabkan efek samping tertentu, seperti kenaikan berat badan dan munculnya kelainan lain.
Beberapa cara simple yang bisa dilakukan dalam menjaga keindahan payudara;
– Pilih ukuran bra yang pas dan sesuai agar dapat menopang payudara dengan baik.
– Bersihkan secara rutin daerah seputar puting susu dengan kapas yang dibasahi air hangat. Oleskan minyak zaitun pada payudara untuk menjaga kelembaban. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan pijatan ringan dengan gerakan lembut.
– Lakukan senam ringan dengan fokus untuk memperkuat otot dada.
Hati-hati terhadap gejala penyakit kanker payudara yang menjadi momok bagi kaum wanita. Ditandai dengan munculnya benjolan sebesar kelereng. Benjolan ini tidak teraba dengan tangan ketika ukurannya masih kecil. Selain itu, salah satu puting susu mengeluarkan cairan berwarna merah dan berbekas di bra. Jika gejala ini muncul, sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar