"Selamat Datang di Blog Saya"

Rabu, 09 Januari 2013

BIDANG BK SD


KEL II
BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH DASAR
Pelayanan bimbingan dan konseling di SD mengacu kepada perkembangan siswa SD yang tengah menempuh pendidikan tingkat dasar, beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas dan belajar bersosialisasi dengan mengenal berbagai aturan, nilai dan norma-norma secara sistematik,luas dankonperehensif, serta mempersiapkan diri untuk menatap masa depan.sejalan dengan itu pelayanan bimbingan dan konseling juga memperhatikan kekhususan tujuan pendidikan dan kurikulum SD.
Materi bimbingan dan konseling di SD termuat ke dalam keempat bidang bimbingan yaitu bimbingan pribadi, bimbingan social, bimbingan belajar dan bimbingan karir.
A.   Bidang Bimbingan Pribadi

Dalam bidang bimbingan pribadi, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD menemukan dan memahami serta mengembangkan pribadi yang beriman dan bertaqwa terhadap TuhanYME, mandiri, aktif dan kreatif, serta sehat jasmani dan rohani. Bidang bimbingan ini meliputi pokok-pokok materi berikut :
1.      Penanaman sikap dan kebiasaan dalam beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Pengenalan dan pemahaman tentang kekuatan diri sendiri dan penyalurannya untuk kegiatan-kegiatan yang kreatif dan produktif, baik dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, maupun perannya dimasa depan.
3.      Pengenalan dan pemahaman tentang bakat dan minat pribadi serta penyeluruhan dan pengembangannya melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif dan produktif.
4.      Pengenalan dan pemahaman tentang kelemahan diri sendiri dan usaha-usaha penanggulangannya.
5.      Pengembangan kemampuan mengambil keputusan sederhana dan mengarahkan diri.
6.      Perencanaan serta penyelenggaraan hidup sehat.

B. BIDANG BIMBINGAN SOSIAL.
Dalam bidang bimbingan social, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD dalam proses sosialisasi untuk mengenal dan berhubungan dengan lingkungan sosial yang dilandasi budi pekerti luhur dan rasa tanggung jawab. Bidang bimbingan ini memuat pokok-pokok materi berikut :
1.      Pengembangan kemampuan berkomunikasi baik melalui ragam lisan maupun tulisan secara efektif.
2.      Pengembangan kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial, baik di rumah, sekolah, maupun di masyarakat dengan menjunjung tinggi tata kerama, sopan santun serta nilau-nilai agama, adat, peraturan dan kebiasaan yang berlaku.
3.      Pengembangan hubungan yang dinamis dan harmonis serta produktif dengan teman sebaya.
4.      Pengenalan dan pemahamaan peraturan dan tutntutan sekolah, rumah, dan lingkungan, serta kesadaran untuk melaksanakannya.

C. BIDANG BIMBINGAN BELAJAR
            Dalam bidang bimbingan belajar, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD mengembangkan kebiasaan belajar yang baik dalam menguasai pengetahuan dan keterampilan, sertaq menyiapkannya untuk melanjutkan pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi. Bidang bimbingan ini memuat pokok-pokok materi berikut :
1.      Pengembangan sikap dan kebiasaan belajar untuk mencari informasi dari berbagai sumber belajar, bersikap terhadap guru dan narasumber lainnya, mengikuti pelajaran sehari-hari, mengerjakan tugas (PR), mengembangkan ketearampilan belajar, dan menjalani program penilaiaan.
2.      Pengembangan disiplin belajar dan berlatih, baik secara mandiri maupun kelompok.
3.   Pemantapan dan pengembangan penguasaan materi pelajaran di SD.
4.   orientasi belajar di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

D. BIDANG BIMBINGAN KARIER
Dalam bidang bimbingan karier, pelayanan bimbingan dan konseling membantu siswa SD mengenali dan mulai mengarahkan diri untuk masa depan karier. Bidang bimbingan ini memuat poko-pokok materi berikut :
1.      Pengenalan awal terhadap dunia kerja dan memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup
2.      Pengenalan, orientasi dan informasi karier pada umumnya, secara sederhana.
3.      Pengenalan dan pemahaman diri secara awal berkenaan dengan kecendrungan karier yang hendak di kembangan.
4.      Orientasi dan informasi sederhana terhadap pendidikan yang lebih tinggi, khususnya dalam kaitannya dengan karier yang hendak dikembangkan.
Catatan:
Pemberian materi bimbingan karier untuk siswa-siswa SD pada umumnya dimaksud untuk:
·         Mengembangkan sikap positif terhadap segala jenis pekerjaan. Dalam hal ini guru kelas harus berhati-hati, jangan sampai melalui kata, isyarat atau tindakan. Guru kelas menunjukan atau menampilkan prasangka ataupun kecendrungan tertentu terhadap jenis-jenis pekerjaan (misalnya : pekerjaan tertentu disikapi positif, sedangkan yang lain disikapi negative).
·         Membawa para siswa untuk menyadari betapa luasnya dunia kerja yang ada, terentang dari pekerjaan yang dijabat orang tua anak-anak itu sendiri sampai ke segala macam pekerjaan di masyrakat luas.
·         Menjawab berbagai pertanyaan para siswa tentang pekerjaan. Dorongan ingin tahu anak-anak akan membawa mereka menanyakan  segala sesuatu tentang pekerjaan. Dalam hal ini jawaban atau informasi yang tepat dan benar harus segera diberikan setiap waktu mereka bertanya.
Menekankan jasa dari masing-masing jenis pekerjaan, yaitu untuk kesejahteraan hidup rumah tangga dan masyarakat. Perlunya bakat atau kemampuan atau keterampilan khusus untuk jenis-jenis pekerjaan tertentu, terutama pekerjaan yang bermanfaat bagi pemberian bantuan kepada sesama manusia, hendaklah disampaikan dan di tonjolkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar