"Selamat Datang di Blog Saya"

Rabu, 09 Januari 2013

PELAKSANAAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD KELAS III DAN IV


KEL V
PELAKSANAAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD KELAS III DAN IV

A. Layanan Bimbingan dan Konseling
     1.  Layanan Orientasi dan Informasi
          a. Materi Layanan Orientasi dan Informasi
              Materi orientasi dan informasi di Kelas III dan IV SD pertama – pertama merupakan pemantapan dari materi pelayanan di kelas sebelumnya. Lebih jauh, materi tersebut di tingkatkan dan di perluas sehingga mencakup pokok – pokok berikut :
(1) Materi bimbingan pribadi
     (a).  Pemantapan materi di Kelas I dan II.
     (b). Informasi tentang perlunya mengenal dan menerima diri sendiri sebagaimana adanya.
     (c).  Informasi (sederhana) tentang hidup sehat dan cara – cara menyelenggarakan.
(2) Materi bimbingan sosial
     (a) Pemantapan materi di Kelas I dan II.
     (b) Informasi tentang perlunya bergaul berdasarkan aturan, nilai – nilai agama dan sopan santun serta akibat – akibat yang timbul apabila hal – hal itu di langgar.
(3) Materi bimbingan belajar
     (a) Pemantapan materi di Kelas I dan II.
     (b) Informasi tentang mata pelajaran dan kegiatan lainnya yang perlu dikembangkan di Kelas III atau Kelas IV.
     (c) Informasi tentang peraturan jadwal kegiatan belajar (baik di sekolah maupun di rumah), kegiatan olahraga, latihan keterampilan, dan kegiatan ekstra kurikuler, sesuai dengan tingkat kelasnya (Kelas III atau Kelas IV)
     (d) Informasi tentang fasilitas sumber dan alat bantu belajar termasuk alat olahraga, yang ada di Kelas III atau Kelas IV dan bagaimana memanfaatkannya.
     (e)  Informasi tentang bagaimana mencatat secara baik materi pelajaran dari guru.
     (f) Informasi tentang bagaimana mempersiapkan diri dan mengikuti pelajaran di dalam kelas, belajar sendiri, belajar kelompok, dan mengerjakan tugas – tugas.
     (g) Informasi tentang syarat – syarat naik kelas dan apa akibatnya kalau tidak naik kelas.
(4) Materi bimbingan karier
      (a) Pemantapan materi di Kelas I dan II.
      (b) Informasi tentang perlunya memperoleh penghasilan dan pengembangan karier.
      (c) Informasi awal dan sederhana tentang pekerjaan dan usaha – usaha memperoleh penghasilan, misalnya untuk pekerjaan bidang pertanian (seperti bekerja di sawah dan lading), berjualan di pasar dan kaki lima, dan usaha angkutan sederhana.
              b. Pelaksanan Layanan Orientasi/Informasi
                  Berbeda dari keadaannya di Kelas I dan II, materi orientasi dan informasi di Kelas III dan  Kelas IV lebih meluas dan mendalam. Informasi tentang keadaan sekolah bersifat pendalaman mengikuti pengalaman siswa di kelas – kelas sebelumnya. Seiring dengan hal tersebut, peranan orang tua tidak lagi sepenting ketika para siswa baru saja memasuki SD. Di Kelas III dan IV informasi dapat langsung di berikan oleh Guru Kelas kepada siswa dan siswa itu langsung menerima dan memahami berbagai informasi itu sesuai dengan tingkat kemampuan mereka. 
                 Lebih jauh, karena pemahaman siswa sudah bertambah luas dan kemampuan berbicarapun telah meningkat, maka untuk sesama siswa sudah dapat di mulai kegiatan saling memberikan informasi. Misalnya informasi tentang kebersihan lingkungan sekolah, tentang temannya yang sakit, tentang keadaan keluarga, tentang keadaan lingkungan rumahnya, dsb. Informasi yang di berikan oleh siswa untuk siswa itu kemudian dikoreksi (kalau ada yang keliru), di perjelas, di perluas, di perkaya oleh Guru Kelas.
      2.  Layanan Penempatan/Penyaluran
                a. Materi layanan penempatan/penyaluran
                    Layanan penempatan/penyaluran di Kelas III dan IV mengikuti pula pola yang sama dengan layanan sejenis di kelas – kelas sebelumnya. Materinyapun tidak jauh berbeda, yaitu :
      (1) Materi bimbingan Pribadi
            Penampatan/penyaluran siswa ke :
           (a)  Posisi duduk di dalam kelas yang sesuai dengan kondisi pribadinya.
           (b)  Dalam kelompok sesuai dengan kemampuan , bakat, dan minatnya.
           (c)  Dalam kegiatan ekstra kurikuler, seperti kepramukaan, kesenian, olahraga, dan sebagainya.
       (2) Materi bimbingan sosial
             Pemnatapan/penyaluran siswa ke :
            (a)  Dalam kelompok kegiatan sebaya, sehingga siswa mampu saling memberi dan menerima serta berkomunikasi secara dinamis, kreatif dan produktif, seperti kelompok diskusi, karyawisata, dan sebagainya.
            (b) Dalam kegiatan kesiswaan, seperti kepengurusan kelas, kegiatan sosial, dan sebagainya.
      (3) Materi bimbingan belajar
            Pemantapan/penyaluran siswa ke :
           (a) Dalam kelompok belajar pada umumnya, tanpa membedakan kemampuan siswa.
           (b) Dalam kelompok belajar dan latihan yang didasarkan pada kemampuan belajar, bakat, dan minat siswa.
           (c) Dalam program pengajaran khusus sesuai dengan kebutuhan siswa (pengajaran perbaikan atau program pengayaan).
           (d) Kegiatan penyiapan diri untuk mengikuti ulangan dan ujian kenaikan kelas.
     (4) Materi bimbingan karier
                    (Layanan penempatan/penyaluran dalam kaitanya dengan bimbingan karier di Kelas III dan IV belum ada).
                b. Pelaksanaan Layanan Penempatan/Penyaluran
                    Penempatan/Penyaluran siswa di Kelas III dan IV pada dasarnya sama dengan hal tersebut di kelas – kelas sebelumnya. Sesuai dengan tingkat perkembangannya, siswa – siswa Kelas III dan IV sudah dapat diajak berbicara tentang kemungkinan dan rencana penempatan/penyaluran yang akan di lakukan oleh Guru Kelas.
           3. Layanan  Pembelajaran        
                a. Materi layanan pembelajaran
                    Layanan pembelajaran di Kelas  III dan IV pada umumnya merupakan peningkatan dari layanan sejenis di kelas – kelas sebelumnya. Peningkatan itu mencakup materi – materi yang berkaitan dengan mata – mata pelajaran yang diikuti di Kelas III dan IV dan aspek – aspek pengembangan pribadi siswa secara menyuluruh. Materi – materi tersebut pada pokoknya adalah :
            (1) Materi bimbingan pribadi
                 (a) Pemantapan materi di kelas I dan II.
                 (b) Pengungkapan diri siswa apa adanya, pengalaman – pengalamannya, hal – hal yang di sukainya, keinginan dan cita – citanya.
                 (c) Pengungkapan diri siswa tentang keberhasilannnya dalam belajar dan hal – hal yang menghalanginya dalam belajar.
                 (d) Pengungkapan diri siswa tentang kesehatannya dan hal – hal yang menyebabkan kesehatannya terganggu.
                Catatan : Dalam pengungkapan diri siswa itu suasana harus benar – benar di jaga agar respon yang timbul, baik dari siswa lain maupun guru, tidak ada yang negatif (menertawakan atau meremehkan), tetapi justru harus sebaliknya, guru dan siswa memberikan respon penuh pengertian dan positif (memberikan penguatan).
             (2) Materi bimbingan sosial
                  (a) Pemantapan materi di Kelas I dan II.
                  (b) Upaya penilaian dan perbaikan terhadap penampilan pergaulan siswa yang melanggar atau tidak sesuai dengan aturan, nilai agama dan sopan santun, baik dalam pergaulan sesama siswa, dengan guru, maupun dengan teman sebaya lain dan orang dewasa lain.
               Catatan : Dalam penilaian dan perbaikan itu harus dihindari respon (baik dari guru atau siswa lain) atau tindakan yang negatif, meremehkan, marah atau menghukum. Respon yang di berikan haruslah sedemikian rupa sehingga menimbulkan pengertian, pemahaman dan kehendak yang murni (dari dalam hati) untuk menampilkan pergaulan yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar